Category Archives: Liburan

Pengalaman Liburan ke Bromo bersama anak kecil

Pengalaman Liburan ke Bromo bersama anak kecil, Lebaran tahun ini, mendadak saja ingin pergi ke Bromo. Meskipun masih tetap di pulau jawa, namun ini kali pertamanya pergi ke gunung. Bermula ingin ke Karimun Jawa namun terkadang ombak tidak menentu serta pertimbangan bawa serta anak, pada akhirnya mengambil keputusan ke Bromo. Meskipun nyatanya, bawa serta anak juga ngga mudah.

Perjalanan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur aslinya lumayan jauh. Dari Purwodadi (kampung halaman saya), kurang lebih 7 jam serta menyetir sendiri. Alternatif lainnya, harusnya dapat naik kereta ke Surabaya atau Malang. Umumnya bila beli jauh-jauh hari senang terdapat promosi ticket kereta on-line. Namun mikirnya akan repot klo ngga bawa serta kendaraan sendiri. Padahal, sebenarnya lebih mudah dan murah jika beli paket wisata Bromo yang sudah termasuk semua kebutuhan.Pengalaman Liburan ke Bromo bersama anak kecil

Terdapat tiga jalur yang dapat dibuka bila ingin ke Bromo. Karena memanglah letaknya di tengahnya. Dapat melalui Malang, Pasuruan, Probolinggo. Karena ingin sekalipun berjalan-jalan ke Malang, pada akhirnya pilih yang sangat dekat saja. Mencari homestay yang murah karena memang perginya sekeluarga. Pilihan saat itu jatuh ke Simpang Homestay yang lumayan strategis tempatnya.

Lihat juga: Gunung Bromo Wisata Alam Terpopuler di Indonesia

Dari situ, seputar satu jam menuju Gunung Bromo dengan kendaraan sendiri. Berhubung bawa serta anak kecil, jadi berangkatnya siang seputar jam 8an. Karena umumnya bila dengan tur, mesti jam 12 malam karena dapat saksikan sunrise di penanjakan satu atau dua. Mencari tempatnya menurut saya termasuk juga ringan banget, karena Google Maps tunjukkan jalan dengan jelas serta tepat banget.

Baca juga: Abadi Tour & Travel Surabaya Penyedia Paket Tour Bromo

Untuk yang tidak menggunakan tur, nyatanya triknya ringan banget. Terdapat perberhentian atau seperti tempat parkir dengan beberapa jeep. Nah, kita dapat parkir mobil disana lantas lanjut menyewa jeep. Sewa jeepnya untuk sekalipun tur di lima tempat sebesar 800rb (peak season lebaran). Jika rame-rame, lumayan ngirit. Karena itu minimum mesti terdapat 6 orang, jika ngga ingin rugi banget yah.

Ketahu juga: Alamat dan Lokasi Gunung Bromo dan Cara Kesana

Harga sewa telah termasuk juga dengan supirnya. Jadi ngga memerlukan cost penambahan lagi, namun klo ingin memberi juga ngga ayah. Transportasi yang memanglah dipakai di Gunung Bromo ini cuma Jeep saja, terdapat sich yang nekad naik motor serta mobil pribadi, namun klo saya engga deh. Karena medannya ngeri, kanan kiri jurang. Karena itu sempat kuatir cocok bawa serta anak-anak. Ngga sangka jalannya kaya gini hahaha.

Lihat juga: Pengalaman ke Bromo Bersama Turis Asing dalam 1 mobil

Untungnya pada ngga takut meskipun jalannya beneran sempit banget serta terkadang pas-pasan dengan jeep lainnya. Namun supirnya pada jago banget loh. Aman deh meskipun penuh kemelut serta di perjalanan lumayan jauh. Tur dengan jeep ini berkunjung ke tempat popular serta instagramable banget, seperti penanjakan, kawah Bromo, padang savanah, bukit teletubies, serta pasir berbisik.

Baca juga: Tips Lengkap Liburan Menuju Wisata Gunung Bromo

Sayangnya, karena saya datengnya kesiangan, jadinya ngga ke penanjakan. Walopun demikian, tentu ngga dapat karena bawa serta anak-anak wekekek. Jadinya cuma berkunjung ke kawah bromo, padang savanah, bukit teletubies, serta pasir berbisik. Tempatnya child friendly meskipun udaranya cukuplah dingin. Oia saya juga ngga naik ke kawah bromo. Yah, argumen safety deh. Bapake anak-anak orangnya rada kuatir jika ke daerah gunung gitu hehehe. Jadinya cuma naik kuda dibagian bawah.

Ketahui juga: Paket Liburan ke Gunung Bromo Murah Lengkap

Gunung Bromo ini, nyatanya masuk ke uang lima beberapa ribu baru loh. Saya sendiri juga ngga nyadar, malah Aliya yang memberi tau serta tempat potonya berada di penanjakan satu. Jadi bila saksikan sunrise di penanjakan satu, janganlah lupa bawa serta uang lima beberapa ribu serta poto yah wekekek. Bila ingin bawa serta anak-anak berlibur ke bromo, saya untuk panduan berdasar pada pengalaman yaa :

  • Sediakan baju tebal serta jaket untuk anak-anak. Jika memang perlu, beli juga masker, sarung tangan, dan gunakan kaus kaki. Hawa lumayan dingin, khawatirnya anak-anak ngga dapat menahan dingin
  • Toilet agak tidak sering namun berada di lokasi kawah bromo. Mushola juga ada serta airnya dingin. Kelihatannya janganlah sangat banyak minum, repot entar mencari toiletnya hehehe
  • Sediakan camilan atau dapat jajan bakso di padang savana. Namun plis janganlah buang sampah sembarangan
  • Sedapat mungkin ketika naik jeep, anak-anak dipegangi erat. Karena terkadang terdapat hentakan serta medan juga lumayan curam
  • Untuk anak di bawah 5 tahun, kelihatannya masih tetap aman. Saya sempat lihat rekan blogger juga yang membawa anaknya umur 2 tahunan untuk berlibur ke Bromo
  • Bila ingin coba kuda, mesti bayar sesudah usai muter-muter. Tuturnya sich, bila bayar duluan serta maksudnya ke kawah, akan ditinggal karena dia telah pegang duitnya. Jadi amannya, bayar terakhir aja

Sangat banyak paket tur yang tawarkan paket berlibur ke bromo, kelihatannya lebih seru bila keluarga membeli paket liburan di go happy holiday. Lebih fleksibel serta bebas ingin poto atau sebatas nikmati dingin serta panorama yang indah banget. Btw, ini salah satu tujuan beda buat anak-anak, baru kesempatan ini ke gunung serta mereka nyatanya senang banget.

Pengalaman ke Bromo Bersama Turis Asing dalam 1 mobil

Pengalaman ke Bromo Bersama Turis Asing dalam 1 mobil pernah saya rasakan, pada saat liburan ke Gunung Bromo dan membeli paket wisata Bromo dengan harga murah. Sebenarnya bukan open trip tapi karena ada turis asing yang ingin tour dadakan saja, hanya 1 orang turis asing.Pengalaman ke Bromo Bersama Turis Asing

Kami hanya berdua saja, jadi tak masalah jika ditambah 1 orang turis asing. Mungkin akan bermasalah jika orang Indo yang rese & bawel. Karena kami tahu bahwa rata-rata orang asing tidak bawel dan hanya berbicara seperlunya saja.

Pengalaman ke Bromo Bersama Turis Asing

Karena itulah kami setuju untuk digabung dengan seorang turis asing. Kebetulan turis tersebut sudah ada di kota Probolinggo. Sedangkan kami berangkat dari Surabaya, lewat Probolinggo menjemput turis tersebut dan kemudian naik ke Gunung Bromo.

Disepanjang jalan, turis tersebut tertidur, sampai pada lokasi parkir mobil, dan berganti menggunakan jeep. Dalam jeep pun kami masih bersama & hanya sedikit saja berkomunikasi, karena kami kurang begitu lancar berbahasa inggris.

Turis tersebut ramah & bersahabat, ya walaupun kami kurang begitu paham dengan bahasa inggris. Kami hanya berbicara seperlunya saja dan pada bagian-bagian pokok, sedikit sedikit cukup paham sih walau radak kesulitan.

Liburan bersama turis asing itu unik & tidak menyebalkan. Sebenarnya mereka ramah dan suka jika disapa. Dan mereka heran dengan orang-orang Indonesia yang suka menyapa, karena hal tersebut sangat jarang terjadi di negara mereka, mungkin hanya menyapa yang kenal saja.

Pertama, kami melakukan perjalanan ke Penanjakan 1 Gunung Bromo, sampai tour dengan Jeep selesai. Tidak banyak yang kami bicarakan, hanya saja kami bisa bersenang-senang dan enjoy saja.

Sampai pada saatnya kembali ke parkiran mobil, dimana akan kembali ke Surabaya. Sepanjang perjalanan turun dari Gunung Bromo, driver bercakap-cakap dengan turis tersebut, kami tidak begitu paham, tapi ya kadang kami tertawa bersama.

Pemandangan pada saat turun dari Gunung Bromo menuju Probolinggo sangat Indah, Driver dan turis tersebut bergurau disepanjang jalan pulang. Sepertinya menyenangkan sekali, terkadang kami juga ikut, walaupun kurang begitu paham dengan bahasanya.

Kebetulan drivernya sangat ramah dan memahami bahasa Inggris, sekalian aja kami minta di translate kan, hehe. Turis tersebut turun di Probolinggo dan kami kembali ke Surabaya.